Rabu, 15 April 2015

Pemanfaatan Sistem Informasi Pendidikan di Perguruan Tinggi



A.    Profil
1.      Sejarah
‘Aisyiyah sebagai suatu organisasi perempuan keagamaan tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat Bangsa Indonesia. ‘Aisyiyah sebagaimana organisasi induknya yakni Muhammadiyah, bergerak di banyak aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. ‘Aisyiyah melibatkan dirinya secara aktif dalam kancah pendidikan Indonesia demi tercapainya cita-cita mencerdaskan kehidupan Bangsa. Kesadaran ini semakin diperkuat dengan adanya dorongan Allah dalam surah Al-Mujadalah ayat 11 yang menyatakan bahwa “Allah akan meninggikan derajat orang-orang Mukmin dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.

Motivasi yang sangat mendasar itulah yang melandasi ‘Aisyiyah dalam menyelenggarakan pendidikan sejak taman kanak-kanak sampai akademi/pendidikan tinggi. Kiprah ‘Aisyiyah dalam mengelola berbagai lembaga pendidikan yang telah berjalan sejak semula telah mencirikan ‘Aisyiyah sebagai gerakan yang tekun serta bertanggung jawab dalam mengelola pendidikan. Selama perjalanan organisasinya, tidak pernah ada satu rentang waktu pun yang sepi dari kesibukkan pengelolaan dunia pendidikan. Dunia pendidikan bagi ‘Aisyiyah telah menyatu dan melebur dalam pribadinya.
Di antara deretan aktivitas serta dinamika pendidikan ‘Aisyiyah yang sangat panjang itulah tercatat nama Akademi Kebidanan (Akbid) ‘Aisyiyah Pontianak. Berkat perjuangan pemprakarsa, kerjasama dan dukungan PWA Kalimantan Barat serta melalui proses yang panjang, institusi yang masih terbilang muda ini secara resmi berdiri sejak tanggal 10 Agustus 2006 berdasarkan Rekomendasi Depkes No. HK. 03.2.4.1.03791 dan berdasarkan SK Dikti No.188/D/0/2006 Tanggal 04 September 2006.
2.      Visi Misi
a.       Visi
Menghasilkan Bidan Profesional, Kompetitif, dan Unggul dengan Berpegang pada Kaidah Qur’ani dan Hadist Tahun 2016.
b.      Misi
1)      Menghasilkan tenaga profesi bidan yang mampu dan cakap menyelesaikan masalah kebidanan, serta dapat berkompetisi di era globalisasi dengan tetap menjunjung tinggi akhlak yang mulia.
2)      Menyelanggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis kompetensi, evidence based dan berorientasi pada pengembangan kreativitas, etika dan perilaku professional serta sesuai dengan perkembangan paradigma kebidanan terbaru dan IPTEKES.
3)      Membangun budaya riset guna memecahkan masalah kesehatan khususnya kebidanan.
4)      Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pelayanan kebidanan.
5)      Membina civitas akademika hubungannya dengan lingkungan berdasarkan pertimbangan nilai dan moral.
6)      Menyelenggarakan pelayanan prima dilandasi keimanan, kejujuran, keikhlasan dan pandangan kesetaraan bagi semua orang.


B.     Pemanfaatan SIM PT yang ada di Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak
Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Organisasi pendidikan dipandang sebagai suatu sistem yang memiliki unsur-unsur atau elemen-elemen. Sistem pendidikan didukung oleh unsur atau elemen seperti organisasi yang sehat, pengelolaan yang transparan dan akuntabel, ketersediaan rencana pembelajaran dalam bentuk kurikulum yang jelas sesuai kebutuhan masyarakat, kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia di bidang akademik dan non akademik yang profesional dan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan akademik yang kondusif (Yakub & Hisbanarto 2014)
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang. Sedangkan pendidikian pada dasarnya adalah proses komunikasi yang di dalamnya mengandung transformasi pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan-keterampilan, di dalam dan di luar sekolah yang berlangsung sepanjang hayat, dan generasi ke generasi (Widyaningsih 2009).
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Manajemen sistem informasi pendidikan adalah sistem yang didisain untuk kebutuhan manajemen dalam upaya mendukung fungsi-fungsi dan aktivitas manajemen pada suatu organisasi pendidikan. Maksud dilaksanakannya manajemen sistem informasi pendidikan (Prasojo 2013).
Sistem informasi pendidikan di Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak berdiri pada bulan Oktober 2014. SIMPT yang masih tergolong sangat muda ini memiliki konten yang sangat sederhana dimana masih memerlukan banyak pengembangan untuk membuat suatu sistem yang lebih baik. Adapun tampilan dari SIMPT Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak sebagai berikut:
a.       Halaman Beranda


b. Profie
Pada menu profil berisi sejarah, visi misi, legalitas dan struktur organisasi.
c.       Akademik
Pada menu Akademik berisi kurikulum, kompetensi lulusan, program pembelajaran dan staf pengajar.
d.      Fasilitas
Pada menu fasilitas berisi sarana fisik dan sarana non fisik
e.       Sipenmaru
Pada menu Sipenmaru berisi info pendaftaran dan biaya masuk
f.       Kerjasama
Pada menu kerja sama belum terisi data terkait kerja sama
g.      Galeri
Pada menu galeri berisi galeri foto dan galeri video
h.      Dokumen

SIMPT yang ada di Akademik Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak telah terintegrasi dengan SIM Akademik, SIM Kemahasiswaan dan SIM LP2M (lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat), untuk SIM perpustakaan, keuangan dan penjaminan mutu belum tersedia. Meskipun sistem informasi untuk akademik, kemahasiswa dan LP2M telah tersedia, akantetapi pemanfaatannya masih belum optimal dikarenakan masih banyaknya kendala yang dihadapi oleh staf dan dosen dalam menggunakan aplikasi SIM tersebut.
Tampilan SIMPT Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah pontianak masih sangat sederhana dan menu-menu yang tersedia masih belum lengkap, seperti belum adanya menu untuk perpustakaan, e-learning, alumni, kemahasiswaan dan forum diskusi. Pada masing-masing menu yang telah tersedia, masih ada data yang belum terisi secara lengkap bahkan belum terisi sama sekali.
C.     Kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan SIM PT di Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak
a.       Kurangnya sumber daya manusia yang dapat mengelola SIMPT
b.      Kampus yang bersusia 8 tahun ini masih dalam tahap pengembangan sehingga terkendala dalam masalah keuangan dimana untuk saat ini sumber pemasukan sebagian besar dari SPP mahasiswa. Oleh sebab itu untuk mengembangkan SIMPT baik dari segi SDM, Hardware dan software belum memiliki dana yang cukup.
c.       Belum adanya standar operasional prosedur yang mengatur penggunaan SIMPT bagi mahasiswa
d.      Konten halaman web masih sangat sederhana, isinya belum terlalu lengkap mengenai info yang dibutuhkan mahasiswa karena masih dalam tahap perbaikan-perbaikan.
e.       Kurangnya minat mahasiswa untuk berkunjung ke web
f.       Jaringan koneksi internet yang tidak stabil mengganggu pemanfaatan SIMPT baik bagi mahasiswa, dosen maupun staf.
D.    Saran apa yang bisa saudara berikan untuk mengatasi kendala tersebut?

a.       Memperbaiki tampilan SIMPT dengan melengkapi gambar-gambar informatif
b.      Menambah sumber daya manusia yang dapat mengelola SIMPT secara maksimal
c.       Melengkapi standar operasional prosedur penggunaan SIMPT bagi mahasiswa
d.      Diharapkan SIMPT ini bermanfaat untuk membantu mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan
e.       Melengkapi menu-menu yang belum terisi data
f.       Melengkapi SIMPT yang belum tersedia seperti perpustakaan, penjaminan mutu, keuangan dan e-learning.
g.      SIMPT dapat digunakan untuk menshare jadwal, kalender akademik, materi perkuliahan dan persiapan-persiapan dalam menghadapi kegiatan selanjutnya.
h.      Melakukan sosialisasi dengan mahasiswa, orang tua/wali mahasiswa dan instansi terkait sehingga menambah daftar pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung diharapkan dapat memberi masukan terkait pengembangan SIMPT.


























DAFTAR PUSTAKA
Prasojo, L.D., 2013. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Edisi Pert. S. Pujiono, ed., Yogyakarta.
Widyaningsih, W., 2009. Manajemen Sistem Informasi Pendidikan.
Yakub & Hisbanarto, V., 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tidak ada komentar: